Rabu, 18 Januari 2012

Gordon Banks - Kiper Terbaik Kedua

Gordon Banks (lahir pada 30 Desember 1937 di Sheffield) merupakan mantan pemainsepak bola berkebangsaan Inggris. Dia pernah bermain untuk tim Chesterfield F.C.,Leicester City F.C., Stoke City F.C., dan Fort Lauderdale Strikers. Di timnas Inggris, dia bermain 73 kali. Berposisi sebagai kiper. Dia pernah membela timnas Inggris padaPiala Dunia FIFA 1966 dan Piala Dunia FIFA 1970. Dia berhasil membawa timnya meraih juara Piala Dunia FIFA 1966.
Gordon Banks adalah salah satu kiper terhebat yang pernah dilahirkan Inggris. Dunia pernah dibuat tercengang ketika ia menepis sundulan Pele di Piala Dunia 1970, dan itu dinobatkan sebagai penyelamatan abad 20.
Pada Piala Dunia 1970 di Meksiko, juara bertahan Inggris segrup dengan Brasil, Rumania dan Cekoslovakia di Grup 3. Setelah menang 1-0 atas Rumania di pertandingan pembuka, Inggris meladeni juara dua kali Piala Dunia, Brasil.
Bermain di Estadio Jalisco (Guadalajara), tim Samba memaksa Three Lions bermain cepat. Sebuah serangan diawali dari umpan kapten Carlos Alberto ke Jairzinho. Sayap kanan Brasil itu bergerak cepat menyisir sisi kiri pertahanan Inggris.
Setelah melewati hadangan bek Inggris Terry Cooper dan mencapai garis belakang gawang, Jairzinho melepaskan umpan tarik jauh ke belakang. Banks yang sudah dekat dengan sebelah kiri gawang secara cepat langsung berbalik mengikuti arah.
Bola lambung Jairzinho sudah dinanti Pele yang muncul tepat waktu dengan sempurna. Dia melompat dan menyundul lebih baik dan keras dibanding bek kanan Tommy Wright. Sundulannya terasa keras dan mengalir deras ke sudut kanan bawah gawang Banks.
Sang penyerang spontan mengangkat kedua tangannya dan meneriakkan "Gol!" usai melakukan sundulan, saking yakinnya bola akan masuk ke gawang. Namun, entah dari mana, Banks mampu memutarbalikkan badan sambil melempar jauh-jauh tubuhnya ke kanan. Hanya beberapa centimeter bola melewati garis gawang, Banks mampu menjangkau bola, mengangkat dan menghalaunya. Tidak jadi gol.
Banks menerima tepuk tangan dan pujian dari kapten Bobby Moore. Lalu, ia mencari dan menemukan bola sudah menggelinding ke papan iklan di belakang gawang.
Dukungan meriah dari para penonton yang memadati stadion langsung spontan terdengar saat Banks kembali ke posisi siaga mengantisipasi tendangan pojok. Pele seakan-akan tidak percaya bola tidak masuk. Usai pertandingan, Pele yakin Banks telah melakukan penyelamatan bola terbaik yang pernah dilihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar