Senin, 16 Januari 2012

Rinat Dasayev - Si Tirai Besi

Rinat Dasayev (lahir di Astrakhan, Russian SFSR, 13 Juni 1957; umur 54 tahun) merupakan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Rusia yang kini menjabat sebagai asisten pelatih klub Torpedo Moskwa. Klub sebelumnya yang pernah ia bela adalah Volgar Astrakhan, Spartak Moscow, dan Sevilla FC.
Di timnas Uni Soviet dia bermain 91 kali.

Tambahan:  Bila tidak ada trio Belanda Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Marco van Basten, bisa jadi tim Uni Soviet yang akan menjadi juara di Euro 1988. Dasayev tampil cemerlang selama berlangsungnya turnamen di Jerman, dan hanya Gullit dan tendangan volley van Basten yang mampu mematahkan perlawanan Soviet di final.

Dasayev yang dijuluki “Tirai Besi” dianggap sebagai kiper terbaik kedua di Rusia setelah Yashin. Ia tampil di tiga Piala Dunia dan bermain sebanyak 91 kali bagi tim nasional Soviet hingga pensiun di tahun 1990.

Terakhir ia tampil di Luzhniki Stadium saat final Liga Champions Mei lalu dengan membawa piala tersebut ke lapangan. Hal itu berkaitan dengan tugasnya sebagai duta final itu di Moskwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar